PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
MODUL
1A
HAKIKAT
BANGSA DAN UNSUR-UNSUR TERBETUKNYA NEGARA
EVALUASI
1. Bangsa
terbentuk karena keinginan untuk hidup bersama (hasrat tertentu) dengan
perasaan setia kawan. Pendapat ini dikemukakan oleh……
a.
Ernest Renan d.
Hans Kohn
b. F. Retsel e. Frederich Herts
c.
Otto Bauer
2. 1. Persamaan
keturunan 4. Persamaan
profesi
2. Persamaan
wilayah 5.
Persamaan politik
3. Persamaan
suku bangsa
Faktor-faktor
obektif terbentuknya suatu bangsa menurut Hans Kohn antara lain…….
a.
1,2,3,4 d. 2,3,4,5
b. 1,2,3,5 e. 1,2,3,4,5
c.
1,3,4,5
3. Orang yang
tinggal di wilayah suatu Negara disebut…..
a.
Bangsa d. Warga Negara
b.
Rakyat e. Bukan warga negara
c.
Penduduk
4. Orang yang
berdasarkan hukum tertentu merupakan anggota dari suatu Negara disebut…..
a.
Bangsa d. Warga negara
b. Rakyat e. Bukan warga negara
c.
Penduduk
5. Dibawah ini
yang bukan merupakan unsure pokok terbentuknya suatu bangsa Indonesia adalah…..
a.
Latar belakang sejarah
b. Perasaan
senasib sepenanggungan
c.
Persamaan cita-cita
d. Ada ikatan
yang erat dengan tanah air
e.
Merupakan satu keturunan, satu agama, dan
satu istiadat
6. Unsur
terbentuknya bangsa menurut Friederich Hertz
adalah
a.
Keinginan mencapai kesatuan nasional
b. Keinginan
untuk mencapai kemerdekaan dan kebangsaan nasional sepenuhnya
c.
Keinginan dalam kemandirian, keunggulan
individualitas
d. Keinginan
untuk menonjol diantara bangsa-bangsa
e.
Semua jawaban benar
7. 1. Terdiri
dari berbagai suku
2. ada
beberapa macam agama
3.
terbentuknya karena persamaan nasib
4. Persamaan
latar belakang sejarah
5. Persamaan
adat istiadat
Karateristik
bangsa Indonesia adalah…..
a.
1,2,3,4 d. 2,3,4,5
b.
1,2,3,5 e.
1,2,3,4,5
c.
1,3,4,5
8. Unsur
konstitutif terbentuknya Negara adalah…..
a.
Wilayah, rakyat, pemerintah yang berdaulat
dan pengakuan dari Negara lain
b. Wilayah,
rakyat dan pemerintah yang berdaulat
c.
Wilayah, rakyat dan pengakuan dari Negara
lain
d. Rakyat,
pemerintah yang berdaulat dan pengakuan dari negara lain
e.
Pengakuan dari Negara lain
9. Unsur
deklaratif terbentuknya Negara adalah…..
a.
Wilayah d. Pengakuan dari Negara lain
b. Rakyat e. semua jawaban benar
c.
Pemerintah yang berdaulat
10. Pernyataan
yang benar tentang pengakuan dari Negara lain adalah…..
a.
Pemerintah yang diakui secara defacto dapat
mengajukan klaim atas harta benda yang berada dalam wilayah Negara yang mengakui
b. Pemerintah
yang diakui secara defacto dapat mewakili Negara untuk tujuan suksesi Negara
c.
Negara yang diakui secara defacto ,
wakil-wakilnya secara hukum tidak berhak atas imunitas-imunitas dan
privilege-privelege diplomatic penuh
d. Pengakuan de
yure bersifat sementara dan pada prinsipnya dapat ditarik kembali
e.
Apabila suatu Negara yang berdaulat secara de
yure, memberikan kemerdekaan kepada suatu wilayah jajahan, maka Negara yang
harus diakui secara de facto
MODUL 1B
HAKEKAT
NEGARA DAN BENTUK-BENTUK KENEGARAAN
EVALUASI
1.
Negara
adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan
kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah. Pendapat ini dikemukakan
oleh…..
a.
Roger H. Soltau d. Mac Iver
b. Harold J.
Laski e.
Spencer
c.
Max Weber
2. 1. Memaksa 3. Mencakup
semua
2. monopoli 4.
Mensejahterakan
Untuk
mewujudkan tujuan Negara, Negara memiliki sifat khusus, yaitu…..
a.
1,2,3 d.
2,3,4
b. 1,2,4 e.
1,2,3,4
c.
1,3,4
3.
Ciri Negara kesatuan adalah…..
a.
Satu Konstituasi d. Satu lembaga perwakilan
b. Satu kepala
Negara e.
Semua jawaban benar
c.
Satu dewan menteri
4.
Keuntungan Negara kesatuan dengan system
sentralisai adalah…..
a.
Semua masalah dapat terselesaikan dengan baik
b. Persatuan
kesatauan terjaga
c.
Peraturan lebih sesuai dengan daerah-daerah
d. Sesuai
dengan nilai-nilai demokrasi
e.
Keberagaman peraturan
5.
Dalam Negara kesatuan dengan system
desentralisasi dikenal asas dekonsentrasi, maksudnya adalah…..
a.
Pelimpangan wewenang dari pemerintah kepada
gubernur sebagai wakil pemerintah dan
atau perangkat pusat didaerah
b. Penyerahan wewenang
pemerintah oleh pemerintah pusat kepada daerah otonomi
c.
Penugasan dari pemerintah pusat kepada
pemerintah di daerah
d. Penugasan
dari pemerintah daerah tingkat 1 kepada pemerintah daerah dibawahnya
e.
Penugasan dari pemerintah pusat kepada
desa-desa yang ditunjuk secara langsung
6.
Kelemahan system desentralisasi adalah…..
a.
Persoalan di daerah sulit teratasi
b. Partisipasi
masyarakat dalam pemerintah kurang
c.
Perencanaan pembangunan kurang sesuai dengan
kondisi daerah
d. Persatuan
dan kesatuan dapat terancam
e.
Daerah yang jauh dari pemerintah pusat tetap
mendapat perhatian
7.
1. Tidak ada kepala Negara dalam Negara 3. Satu kepala negara
2. Beberapa
konstitusi 4.
Beberapa dewan menteri
Ciri bentuk
Negara serikat…..
a.
1,2 d.
2,4
b. 1,3 e.
1,2,3,4
c.
2,3
8.
Perbedaan Negara kesatuan dengan system
desentralisai dengan Negara serikat adalah…..
a.
Pemerintah pusat berdaulat ke dalam,
pemerintah pusat berdaulat ke luar
b. Daerah
berhak mengurus daerahnya, Negara kegiatan tidak berhak mengurusi negaranya
c.
Hak mengurus sendiri asli, hak mengurus
sendiri pemberian pemerintah pusat
d. Wewenang
otonomi lebih luas, di Negara bagian
lebih sempit
e.
Semua jawaban benar
9.
Pemerintah yang dipegang oleh satu orang dan dijalankan untuk kepentingan
sendiri, merupakan bentuk pemerintah…..
a.
Monarki d.
Oligharki
b. Tyrani e.
Demokrasi
c.
Aristokrasi
10.
1. Monarki 4. Oligharki
2. Tyrani 5. Demokrasi
3.
Aristokrasi
Bentuk
pemerintah yang buruk menurut aristotels adalah…..
a.
1,2,3 d.
2,3,5
b. 1,3,5 e.
2,4,5
c.
2,3,4
11.
Bentuk Negara Indonesia adalah kesatuan,
sedangkan bentuk pemerintahan adalah republic. Hal ini dinyatakan dalam
a.
Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 d. Pasal 2 ayat 1 UUD
1945
b. Pasal 1 ayat
2 UUD 1945 e.
Pasal 2 ayat 2 UUD 1945
c.
Pasal 1 ayat 3 UUD 1945
12.
Bukti bentuk pemerintahan Indonesia republic
adalah…..
a.
Kepala Negara seorang presiden d. dinyatakan dalam pasal 1 ayat 1
UUD 1945
b. Presiden
dipilih oleh rakyat e.
Semua jawaban benar
c.
Masa jabatan dibatasi
13.
1. Pasal 1 ayat 3 3. Pasal 1 ayat 3
2. Pasal 1
ayat 3 4.
Pasal 1 ayat 3
Bukti Indonesia
sebagai suatu Negara berkedaulatan hokum adalah…..
a.
1,2 d. 2,3
b. 1,3 e. 2,4
c.
1,4
14. Bentuk
kenegaraan dimana wilayah jajahan dari Negara – Negara yang kalah perang dalam
perang dunia ke II dan dibawah naungan dewan perwakilan PBB serta Negara yang menang
perang disebut……
a.
Negara konfederasi d.
Mandat
b. Koloni-koloni e. Bominion
c.
Trustee
15. Bentuk
kenegaraan dimana suatu Negara berada di bawah lindungan Negara lain yang kuat
disebut…..
a.
Negara konfederasi d.
Protektorat
b. Trustee e. Dominion
c.
Mandate
MODUL 1.C
PENGERTIAN,
FUNGSI, DAN TUJUAN NKRI
EVALUASI
1. Kekuasaan
yudikatif menurut teori “ Trias Politica Montesqu “ adalah……
a.
Kekuasaan membuat undang-undang
b. Kekuasaan
menjalankan undang-undang
c.
Kekuasaan mengawasi pelaksanaan undang-undang
d. Kekuasaan berhubungan
dengan luar negeri
e.
Kekuasaan untuk menyatakn perang dan damai
2. Tokoh teori
“Catur Praja” adalah…..
a.
Donner d. Van Vollenhoven
b. Montesqu e. Mac Iver
c.
John Locke
3. Kepolosian
aparatur kekuasaan negar yang memberikan perlindungan menjamin hak asai warga
Negara dan menegakkan hokum. Pendapat ini dikemukakan oleh……
a.
Donner d. Van Vallenholen
b. Montesqu e. Mac Iver
c.
John locke
4. Kekuasaan
legislative di Indonesia dipegang oleh…….
a.
Presiden, DPR, DPD
b. Presiden,
dan menteri-menteri
c.
DPR dan Mahkamah Agung
d. Mahkamah
Agung dan Mahkamah Konstitusi
e.
MPR dan DPR
5. Fungsi
Negara secara umum adalah…..
a.
Melaksanakan penertiban
b. Mengusahakan
kesejahteraan dan kemakmuran
c.
Pertahanan
d. Menegakkan
keadilan
e.
Semua jawaban benar
MODUL 1.D
SEMANGAT
KEBANGSAAN, NASIONALISME, DAN PATRIOTISME DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT,
BERBANGSA DAN BERNEGARA
EVALUASI
1. Paham
kebangsaan yang tumbuh karena adanya persamaan nasib dan sejarah serta
kepentingan untuk hidup bersama sebagai suatau bangsa yang merdeka, bersatu dan
berdaulat disebut…….
a.
Semangat kebangsaan d. Cinta tanah air
b. Nasionalisme e.
Rela berkorban
c.
Patriotisme
2. 1. Cinta
tanah air 3. Berjiwa
pembaharu
2. Rela
berkorban 4.
Tidak kenal menyerah
Ciri
patriotic dalam kehidupan berbangsa dan berbegara……
a.
1,2,3 d.
2,3,4
b. 1,2,4 e. 1,2,3,4
c.
1,3,4
3. 1.
Chauvinisme 4.
Nasionalisme
2.
Patriotisme 5.
Propinsialisme
3.
Rasialisme
Sikap yang
harus dihindari dalam cinta tanah air adalah……
a.
1,2,3 d.
2,3,4
b. 1,3,4 e.
3,4,5
c.
1,3,5
4. Semangat
kebangsaan, nasionasilme dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara dapat diwujudkan dengan melaksanakan kewajiban sebagai warga Negara.
Kewajiban warga Negara antara lain, kecuali….
a.
Mentaati hokum
b. Memperoleh
penghidupan yang layak
c.
Menghargai hak orang lain
d. Membayar
pajak
e.
Menjadi saksi di pengadilan
5. Bentuk
tanggung jawab warga Negara pada saat ini antara lain……
a.
Ikut mewujudkan kepentingan nasional
b. Ikut
terlibat dalam memecahkan masala-masalah kontemporer
c.
Ikut mengembangkan kehidupan masyarakat
dimasa dating
d. Ikut
memelihara dan memperbaiki demokrasi
e.
Semua jawaban benar
6. Unjuk rasa,
pawai, rapat umum dan mimbar bebas termasuk partisipasi warga Negara dalam
bidang…..
a.
Politik
b. Hokum
c.
Ekonomi
d. Social
budaya
e.
Pertahanan dan keamanan
7. Peran serta
warga Negara dalam mengatasi kemiskinan salah satunya dapat mengacu pada PP No.
2 Tahun 1988. PP tersebut berisi…..
a.
Pelayanan kesejahteraan bagi fakir miskin
b. Ketentuan-ketentuan
pokok kesejahteraan sosial
c.
Pemberian bantuan penghidupan orang
jompo
d. Penanggulangan gelandangan dan pengemis
e.
Usaha kesejahteraan anak bagi anak yang
mempunyai masalah
8. Peran warga
Negara dalam bidang kesejahteraan dapat dimulai dari lingkungan keluarga,
misalnya…..
a.
Pengobatan tradisional
b. Memperbaiki
gizi makanan
c.
Penyuluhan kesehatan
d. Menjaga
kesehatan lingkungan kerja
e.
Pengamanan pesediaan farmasi alat kesehatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar