Kamis, 29 November 2012

UAS GANJIL PKN SMP/MTs 2012 / 2013










DOKUMEN SEKOLAH
 

02/MTs /PKN/2012
 



 


YAYASAN ISLAM AL FALAH PONJEN

MADRASAH STANAWIYAH ( MTs ) AL FALAH PONJEN

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN  2012 / 2013

LEMBAR SOAL

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sekolah                          : MTs Al Falah Ponjen                                   Tingkat              : VII ( Tujuh  )
Hari, tanggal                 : Selasa, 4 Desember 2012                             Waktu                : 09.30 – 10.30


PETUNJUK UMUM

1.      Jawablah pertanyaan dibawah ini pada Lembar jawab.
2.      Tulislah nama peserta pada kotak yang disediakan,
3.      Jumlah soal 35 buah, semuanya harus dijawab.
I.   Pilihan ganda              =   40 butir
II. Essay                            =     5 butir
4.      Laporkan kepada pengawas kalau ada tulisan yang kurang jelas atau rusak.
     

Selamat bekerja

PETUNJUK KHUSUS
I.       Untuk soal nomor 1 sampai dengan 30, pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menyilang  A, B, C,atau D  pada lembar jawaban yang disediakan.

1.      Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada ..
      

.a.  sumbernya                                            
 b.  isinya
       c. sanksinya
       d. daerah berlakunya

2.  Ada empat macam norma, kecuali ...
     

a. . agama
b. kesopanan
      c. kesusilaan
      d. kepercayaan

3. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
     

a. agama
b. kesopanan
      c. kesusilaan
      d. hukum

4. Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma ...
     

           a. agama
           b. kesopanan
                c. kesusilaan
                d.
hukum


5. Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
          a. keseimbangan
           b. keselarasan
           c. kepastian
           d. ketertiban
6. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
             

      a. Ius Constituendum
            b. Ius Soli
            c. Ius Sanguinus
            d. Ius Constitutum

7. Salah satu sumber hukum diantaranya adalah ...
           

      a. jurisprudence
            b. undang – undang
            c. dekrit
            d. coup d’etat

8. Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia adalah ...
             

            a. hukum nasional
            b. sistem hukum nasional
            c. sub sistem hukum nasional
            d. sub hukum nasional

      9. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan karena ...
           

            a. ingin dipuji
            b. takut
            c. sesuai dengan aturan yang berlaku
            d. terpaksa

    10. Penduduk adalah seseorang yang ...
           

            a. tinggal di suatu tempat
            b. tinggal di suatu tempat tertentu
            c. tinggal di suatu daerah
            d. tinggal di suatu daerah tertentu

11. Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah …
        a. untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
        b. dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
        c. untuk menunjukkan kepada dunia rbahwa bangsa Indonesia  merdeka dan    berdaulat
        d. perwujudan
adanya bangsa baru dengan negara baru.
12. Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a. bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b. untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat.
c. menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru yang mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan.
13.  Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …


a. nilai hak kodrat
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi

14. Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia disusun oleh wakilwakil rakyat Indonesia yang duduk di BPUPKI yang bersidang dan berdiskusi serta mengambil keputusan dan atas kesepakatan bersama mengenai isi dari Undang-Undang Dasar 1945, oleh karena itu Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama memiliki …



a. nilai hak kodrat
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi

15. Yang dimaksud nilai hak kodrat yang terdapat dalam Konstitusi pertama adalah …
a.  hak yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang melekat pada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social.
b.  hakikat manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang selalu tunduk dan setia kepada Nya.
c.  kodrat sebagai bangsa yang merdeka yang memperjuangkan kemerdekaannya dengan jerih payah sendiri bukan dari pemberian bangsa lain;
d.  hak atas kehidupan yang layak bagi setiap manusia dengan kewajiban yang hakiki harus dijalankan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
16. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...

a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan



17. Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
18. Pokok Pikiran IV yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
19. Berikut ini merupakan contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan …
a. menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh;
b. menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
c. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
d. berani menentang kebijakan yang lebih populis.
20. Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …
a. menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
d. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah
21. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian hakekat HAM adalah ...
a.  merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b.  merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c.  merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan negara.
d.  merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Yang merupakan instrumen hukum HAM nasional adalah ...

a. Komnas HAM
b. Pengadilan HAM
c. UURI No. 39 Tahun 1999
d. UURI No. 22 Tahun 1999

23. Lahirnya Perundang – undangan HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a. mencegah berkembangnya individualisme
b. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d. mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia
24. Dalam menjalankan fungsi mediasi Komnas HAM berperan ...
a. melakukan penelitian berbagai instrumen HAM
b. menyebar wawasan mengenai HAM kepada masyarakat
c. menyelesaikan perkara HAM melalui cara konsultasi, negoisasi, konsiliasi dan penilaian ahli
d. mengamati pelaksanaan HAM dan menyusun laporan hasil pengamatan tersebut
25. Manakah yang termasuk sikap positif terhadap upaya penegakan HAM . . .
a.  mendukung penyelesaian pelanggaran HAM diserahkan sepenuhnya pada kesadaran masing–masing pelaku pelanggaran
b.  mendukung pemberian perlindungan terhadap korban dan saksi pelanggaran HAM dari ancaman pihak manapun
c.  tidak setuju terhadap pelaksanaan peradilan HAM yang diperlakukan surut
d. setuju demi penegakan HAM bagi yang didakwa melanggar meskipun tidak terbukti bersalah tidak perlu diberikan hak rehabilitasi
26.  Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh informasi, melakukan pekerjaan  sosial merupakan contoh–contoh yang dijamin dalam ...

a. hak untuk hidup;
b. hak mengembangkan diri;
c. hak atas rasa aman
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan

27. Berikut merupakan hak atas kesejahteran adalah ...



a.  perlindungan dari ancaman ketakutan
b. memilih dalam pemilihan umum
c. memperoleh pekerjaan yang layak;
d. perlindungan terhadap penyiksaan,


28.  Hak perlindungan oleh orang tua, keluarga, masyarakat dan negara, beribadah menurut agamanya, berekspresi, perlindungan dari eksploitasi ekonomi, pekerjaan, pelecehan sexual, perdagangan anak, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, merupakan beberapa contoh ...

a. hak anak;
b. hak memperoleh keadilan;
c. hak atas rasa aman;
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan


29. Berikut ini merupakan tugas
Komisi Perlindungan Anak Indonesia kecuali:
a.  melakukan penyidikan terhadap berbagai kasus pelanggaran hak anak.
b.  melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan anak;
c.  memberikan laporan, saran, masukan, dan pertimbangan kepada Presiden dalam rangka perlindungan anak;
d.  mengumpulkan data dan informasi, menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaahan, pemantauan, evaluasi, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.
30.  Sikap mengikuti “hati sendiri”, enak sendiri, malah juga kaya sendiri, dan lain–lain, mengakibatkan orang dengan begitu mudah menyalahgunakan kekuasaannya, meremehkan tugas, dan tidak mau memperhatikan hak–hak orang lain, dapat menjadi penyebab terjadinya pelanggaran HAM, karena ...
a. mengedepankan hati nurani
b. kurang dan tipisnya rasa tanggungjawab;
c. menonjolkan kolektivisme;
d. kurang berfungsinya lembaga–lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan).
31. Kemerdekaan mengemukakan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang diatur dalam ...
a. Pasal 28 B UUD 1945
b. Pasal 29 C UUD 1945
c. Pasal 30 D UUD 1945
d. Pasal 31 E UUD 1945
32. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
a. rakyat
b.
warga negara
c. penduduk
d. setiap orang
33. Kemerdekaan mengemukakanpendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ...

a. bebas dan bertanggung jawab
b. tanpa pertanggungjawaban
c. bebas dantanpa batas
d. bebas dan sekehendaknya sendiri

34. Dalam menyampaikan pendapatnya di muka umum, setiap warga negara berkewajiban untuk ...

a. menghormati kebebasan orang lain
b. menolak pendapat orang lain
c. mengganggu ketertiban umum
d. tidak perlu berpendapat bila tidak perlu

35. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya de-ngan mengirimkan surat pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...

a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel

36. Seseorang membuat spanduk untuk mengingatkan orang akan bahaya narkotika. Peringatan melalui spanduk tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat dengan ...

a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel

37. Kemerdekaan mengemukakan secara bebas dan bertanggung jawab adalah ...
a. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan tetap menjaga ketertiban masyarakat
b. Kemerdekakan mengemukakan pendapatdengan mengutamakan kepentingan perorangan
c. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan memajukan kepentingan kelompok
d. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan mengutamakan kepentingan pemerintah
38. Kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam melaksanakan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, antara lain ...
a. melindungi hak asasi manusia
b. menghargai prinsip praduga tidak bersalah
c. menyelenggarakan pengamanan
d. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
39. Apabila kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dilanggar oleh masyarakat, maka dimungkinkan akan terjadi ...
a. masyarakat hidup tenteram
b. konflik kepentingan dalam masyarakat
c. keadaan masyarakat yang berkeadilan
d. terjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
40. Salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. Kegiatan tersebut disebut ...



a. demonstrasi
b. rapat umum
c. pawai
d. mimbar bebas


II.         Jawablah Pertanyaan di Bawah ini dengan Singkat dan Jelas !
1.      Uraikanlah makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
2.      Apa yang dimaksud dengan suasana kebatinan UUD 1945.
3.      Samakah konstitusi dengan undang-undang dasar? Jelaskan.
4.      Berikanlah tiga contoh perbuatan atau tindakan mengisi dan mempertahankan
kemerdekaan.
5.      Berikanlah tiga contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia.

-----------------------------------selamat mengerjakan------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar