DOKUMEN
SEKOLAH
02/MTs /PKN/2012
DOKUMEN
SEKOLAH
|
02/MTs /PKN/2012
|
YAYASAN ISLAM AL FALAH PONJEN
MADRASAH STANAWIYAH ( MTs ) AL FALAH
PONJEN
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2012 / 2013
LEMBAR
SOAL
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Sekolah :
MTs Al Falah Ponjen Tingkat : VII (
Tujuh )
Hari, tanggal :
Selasa, 4 Desember 2012 Waktu : 09.30 – 10.30
PETUNJUK UMUM
1. Jawablah
pertanyaan dibawah ini pada Lembar jawab.
2. Tulislah
nama peserta pada kotak yang disediakan,
3. Jumlah
soal 35 buah, semuanya harus dijawab.
I. Pilihan ganda = 40 butir
II.
Essay = 5 butir
4. Laporkan
kepada pengawas kalau ada tulisan yang kurang jelas atau rusak.
Selamat bekerja
PETUNJUK
KHUSUS
I.
Untuk soal nomor 1 sampai dengan 30,
pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menyilang A, B, C,atau D
pada lembar jawaban yang disediakan.
1.
Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat
terletak pada ..
.a. sumbernya
b. isinya
c. sanksinya
d. daerah berlakunya
b. isinya
c. sanksinya
d. daerah berlakunya
2. Ada empat macam
norma, kecuali ...
a. . agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kepercayaan
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. kepercayaan
3. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua.
Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. hukum
5. Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
a. keseimbangan
b. keselarasan
c. kepastian
d. ketertiban
a. keseimbangan
b. keselarasan
c. kepastian
d. ketertiban
6. Hukum yang sedang berlaku pada
suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
a. Ius Constituendum
b. Ius Soli
c. Ius Sanguinus
d. Ius Constitutum
b. Ius Soli
c. Ius Sanguinus
d. Ius Constitutum
7. Salah satu sumber hukum
diantaranya adalah ...
a. jurisprudence
b. undang – undang
c. dekrit
d. coup d’etat
b. undang – undang
c. dekrit
d. coup d’etat
8. Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia adalah
...
a. hukum nasional
b. sistem hukum nasional
c. sub sistem hukum nasional
d. sub hukum nasional
b. sistem hukum nasional
c. sub sistem hukum nasional
d. sub hukum nasional
9. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan karena ...
a. ingin dipuji
b. takut
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
d. terpaksa
b. takut
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
d. terpaksa
10. Penduduk adalah seseorang yang ...
a. tinggal di suatu tempat
b. tinggal di suatu tempat tertentu
c. tinggal di suatu daerah
d. tinggal di suatu daerah tertentu
b. tinggal di suatu tempat tertentu
c. tinggal di suatu daerah
d. tinggal di suatu daerah tertentu
11. Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
adalah …
a. untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b. dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia rbahwa bangsa Indonesia merdeka dan berdaulat
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru.
a. untuk menjalin hubungan yang akrab diantara sukusuku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
b. dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia rbahwa bangsa Indonesia merdeka dan berdaulat
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru.
12. Makna Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a. bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang
mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b. untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu
sudah merdeka dan berdaulat.
c. menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa
yang ada di seluruh pelosok tanah air.
d. perwujudan adanya bangsa baru dengan negara baru yang
mempunyai tanggungjawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan.
13. Bangsa Indonesia
mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan
disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga
merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan
adanya …
a. nilai hak kodrat
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi
14. Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama
bangsa Indonesia disusun oleh wakilwakil rakyat Indonesia yang duduk di BPUPKI
yang bersidang dan berdiskusi serta mengambil keputusan dan atas kesepakatan
bersama mengenai isi dari Undang-Undang Dasar 1945, oleh karena itu
Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama memiliki …
a.
nilai hak kodrat
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi
b. nilai pemersatu bangsa
c. nilai religius
d. nilai demokrasi
15. Yang dimaksud nilai hak kodrat
yang terdapat dalam Konstitusi pertama adalah …
a. hak yang merupakan
karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang melekat pada manusia sebagai makhluk
individu dan makhluk social.
b. hakikat manusia
sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang selalu tunduk dan setia kepada Nya.
c. kodrat sebagai
bangsa yang merdeka yang memperjuangkan kemerdekaannya dengan jerih payah
sendiri bukan dari pemberian bangsa lain;
d. hak atas kehidupan
yang layak bagi setiap manusia dengan kewajiban yang hakiki harus dijalankan
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
16. Pokok Pikiran I yang terkandung
dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
17. Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan.
18. Pokok Pikiran IV yang terkandung
dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu...
a. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan
beradab;
c. Persatuan Indonesia;
c. Persatuan Indonesia;
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratan/perwakilan.
19. Berikut ini merupakan contoh
sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan …
a. menunggu perintah dari negara untuk menyerang negara musuh;
b. menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
c. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
d. berani menentang kebijakan yang lebih populis.
b. menjadi pengemis untuk menyambung hidup;
c. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
d. berani menentang kebijakan yang lebih populis.
20. Contoh sikap positif terhadap
nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …
a. menjunjung tinggi hukum yang berlaku
b. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
d. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah
b. berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c. mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan;
d. bertanding demi ketenaran dan imbalan hadiah
21. Unsur – unsur terpenting dalam
pengertian hakekat HAM adalah ...
a. merupakan karunia
Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada orang lain,
dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
b. merupakan karunia
Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang lain, dan
boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
c. merupakan karunia
Tuhan YME, dimiliki setiap warga negara, dan boleh dihapus dengan alasan untuk
kepentingan negara.
d. merupakan karunia Tuhan YME,
dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18 tahun, dan boleh dihapus
dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Yang merupakan instrumen hukum
HAM nasional adalah ...
a. Komnas HAM
b. Pengadilan HAM
c. UURI No. 39 Tahun 1999
d. UURI No. 22 Tahun 1999
b. Pengadilan HAM
c. UURI No. 39 Tahun 1999
d. UURI No. 22 Tahun 1999
23. Lahirnya Perundang – undangan
HAM nasional terutama di dorong untuk keperluan ...
a. mencegah berkembangnya individualisme
b. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d. mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia
b. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. melindungi dari tindakan kesewenang-kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
d. mengembangkan hak – hak warga negara agar sederajat dengan bangsa – bangsa lain di dunia
24. Dalam menjalankan fungsi mediasi
Komnas HAM berperan ...
a. melakukan penelitian berbagai instrumen HAM
b. menyebar wawasan mengenai HAM kepada masyarakat
c. menyelesaikan perkara HAM melalui cara konsultasi, negoisasi, konsiliasi dan penilaian ahli
b. menyebar wawasan mengenai HAM kepada masyarakat
c. menyelesaikan perkara HAM melalui cara konsultasi, negoisasi, konsiliasi dan penilaian ahli
d. mengamati pelaksanaan HAM dan menyusun laporan hasil pengamatan
tersebut
25. Manakah yang termasuk sikap
positif terhadap upaya penegakan HAM . . .
a. mendukung
penyelesaian pelanggaran HAM diserahkan sepenuhnya pada kesadaran masing–masing
pelaku pelanggaran
b. mendukung
pemberian perlindungan terhadap korban dan saksi pelanggaran HAM dari ancaman
pihak manapun
c. tidak setuju
terhadap pelaksanaan peradilan HAM yang diperlakukan surut
d. setuju demi penegakan HAM bagi yang didakwa melanggar
meskipun tidak terbukti bersalah tidak perlu diberikan hak rehabilitasi
26. Hak untuk
pemenuhan kebutuhan dasar, meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari
iptek, memperoleh informasi, melakukan pekerjaan sosial merupakan
contoh–contoh yang dijamin dalam ...
a. hak untuk hidup;
b. hak mengembangkan diri;
c. hak atas rasa aman
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
b. hak mengembangkan diri;
c. hak atas rasa aman
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
27. Berikut merupakan hak atas
kesejahteran adalah ...
a. perlindungan dari
ancaman ketakutan
b. memilih dalam pemilihan umum
c. memperoleh pekerjaan yang layak;
d. perlindungan terhadap penyiksaan,
b. memilih dalam pemilihan umum
c. memperoleh pekerjaan yang layak;
d. perlindungan terhadap penyiksaan,
28. Hak perlindungan
oleh orang tua, keluarga, masyarakat dan negara, beribadah menurut agamanya,
berekspresi, perlindungan dari eksploitasi ekonomi, pekerjaan, pelecehan sexual,
perdagangan anak, penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif
lainnya, merupakan beberapa contoh ...
a. hak anak;
b. hak memperoleh keadilan;
c. hak atas rasa aman;
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
b. hak memperoleh keadilan;
c. hak atas rasa aman;
d. hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan
a. melakukan
penyidikan terhadap berbagai kasus pelanggaran hak anak.
b. melakukan
sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan perlindungan
anak;
c. memberikan
laporan, saran, masukan, dan pertimbangan kepada Presiden dalam rangka
perlindungan anak;
d. mengumpulkan data
dan informasi, menerima pengaduan masyarakat, melakukan penelaahan, pemantauan,
evaluasi, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan perlindungan anak.
30. Sikap mengikuti
“hati sendiri”, enak sendiri, malah juga kaya sendiri, dan lain–lain,
mengakibatkan orang dengan begitu mudah menyalahgunakan kekuasaannya,
meremehkan tugas, dan tidak mau memperhatikan hak–hak orang lain, dapat menjadi
penyebab terjadinya pelanggaran HAM, karena ...
a. mengedepankan hati nurani
b. kurang dan tipisnya rasa tanggungjawab;
c. menonjolkan kolektivisme;
d. kurang berfungsinya lembaga–lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan).
b. kurang dan tipisnya rasa tanggungjawab;
c. menonjolkan kolektivisme;
d. kurang berfungsinya lembaga–lembaga penegak hukum (polisi, jaksa dan pengadilan).
31. Kemerdekaan mengemukakan
pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia, yang diatur dalam ...
a. Pasal 28 B UUD 1945
b. Pasal 29 C UUD 1945
c. Pasal 30 D UUD 1945
d. Pasal 31 E UUD 1945
b. Pasal 29 C UUD 1945
c. Pasal 30 D UUD 1945
d. Pasal 31 E UUD 1945
32. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat sebagai
hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki oleh ...
33. Kemerdekaan mengemukakanpendapat
berarti mengeluarkan pendapat secara ...
a. bebas dan bertanggung jawab
b. tanpa pertanggungjawaban
c. bebas dantanpa batas
d. bebas dan sekehendaknya sendiri
b. tanpa pertanggungjawaban
c. bebas dantanpa batas
d. bebas dan sekehendaknya sendiri
34. Dalam menyampaikan pendapatnya
di muka umum, setiap warga negara berkewajiban untuk ...
a. menghormati kebebasan orang lain
b. menolak pendapat orang lain
c. mengganggu ketertiban umum
d. tidak perlu berpendapat bila tidak perlu
b. menolak pendapat orang lain
c. mengganggu ketertiban umum
d. tidak perlu berpendapat bila tidak perlu
35. Agar tuntutannya diperhatikan orang banyak dan
pemerintah, seseorang mengemukakan pendapatnya de-ngan mengirimkan surat
pembaca di surat kabar. Cara tersebut termasuk cara mengemukakan pendapat
dengan ...
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
36. Seseorang membuat spanduk untuk mengingatkan orang akan
bahaya narkotika. Peringatan melalui spanduk tersebut termasuk cara
mengemukakan pendapat dengan ...
a. pengungkapan lisan
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
b. pengungkapan tulisan
c. pengungkapan cara lain
d. pengungkapan artikel
37. Kemerdekaan mengemukakan secara
bebas dan bertanggung jawab adalah ...
a. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan tetap menjaga
ketertiban masyarakat
b. Kemerdekakan mengemukakan pendapatdengan mengutamakan kepentingan perorangan
c. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan memajukan kepentingan kelompok
d. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan mengutamakan kepentingan pemerintah
b. Kemerdekakan mengemukakan pendapatdengan mengutamakan kepentingan perorangan
c. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan memajukan kepentingan kelompok
d. Kemerdekakan mengemukakan pendapat dengan mengutamakan kepentingan pemerintah
38. Kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam
melaksanakan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung
jawab, antara lain ...
a. melindungi hak asasi manusia
b. menghargai prinsip praduga tidak bersalah
c. menyelenggarakan pengamanan
b. menghargai prinsip praduga tidak bersalah
c. menyelenggarakan pengamanan
d. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
39. Apabila kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab dilanggar oleh masyarakat, maka dimungkinkan akan terjadi
...
a. masyarakat hidup tenteram
b. konflik kepentingan dalam masyarakat
c. keadaan masyarakat yang berkeadilan
d. terjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
b. konflik kepentingan dalam masyarakat
c. keadaan masyarakat yang berkeadilan
d. terjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa
40. Salah satu bentuk penyampaian pendapat di muka umum
adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan,
dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. Kegiatan tersebut disebut ...
a. demonstrasi
b. rapat umum
c. pawai
d. mimbar bebas
b. rapat umum
c. pawai
d. mimbar bebas
II.
Jawablah
Pertanyaan di Bawah ini dengan Singkat dan Jelas !
1.
Uraikanlah makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
2.
Apa yang dimaksud dengan suasana kebatinan UUD 1945.
3.
Samakah konstitusi dengan undang-undang dasar? Jelaskan.
4.
Berikanlah tiga contoh perbuatan atau tindakan mengisi dan
mempertahankan
kemerdekaan.
5.
Berikanlah tiga contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi
Kemerdekaan
Indonesia.
-----------------------------------selamat
mengerjakan------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar