DOKUMEN
SEKOLAH
02/MTs /PKN/2012
DOKUMEN
SEKOLAH
|
02/MTs /PKN/2012
|
YAYASAN ISLAM AL FALAH PONJEN
MADRASAH
STANAWIYAH ( MTs ) AL FALAH PONJEN
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN
2012 / 2013
LEMBAR
SOAL
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Sekolah :
MTs Al Falah Ponjen Tingkat : IX (
Sembilan )
Hari, tanggal :
Selasa, 4 Desember 2012 Waktu : 09.30 – 10.30
PETUNJUK UMUM
1. Jawablah
pertanyaan dibawah ini pada Lembar jawab.
2. Tulislah
nama peserta pada kotak yang disediakan,
3. Jumlah
soal 35 buah, semuanya harus dijawab.
I.
Pilihan ganda = 40 butir
II. Essay =
5 butir
4. Laporkan
kepada pengawas kalau ada tulisan yang kurang jelas atau rusak.
Selamat
bekerja
PETUNJUK
KHUSUS
I. Untuk
soal nomor 1 sampai dengan 30, pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
dengan menyilang A, B, C,atau D pada lembar jawaban yang disediakan.
A.
SOAL PILIHAN GANDA
1.
Untuk
memupuk persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan
dengan cara….
a. Mempelajari dan memahami kesenian tradisional
b. Mengadakan pertukaran pemuda antar daerah
c. Mengakui keanekaragaman budaya daerah
d. Mengembangkan kebudayaan daerah masing-masing
2.
Cinta
tanah air merupakan perwujudan pengamalan Pancasila sila ke….
a.
Ketuhanan
yang maha esa
b.
Kemanusiaan
yang adil dan beradab
c.
Persatuan
indonesia
d.
Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
3.
Pernyataan:
1. adanya rakyat 3. adanya pemerintahan yang berdaulat
2. adanya wilayah 4. pengakuan dari negara lain
Dari pernyataan di atas yang merupakan unsur konstitutif
(pokok) berdirinya negara adalah pernyataan nomor….
a.
1,2, dan 3 c.
2 dan 4
b.
1 dan 3 d.
1,2,3,dan 4
4.
Usaha bela negara untuk melindungi segenap
bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia tidak memiliki banyak arti
tanpa….
a. Dihormati negara lain
yang berbatasan dengan indonesia
b. Didukung aparatur negara yang jujur dan terbuka
c. Didukung adanya partisipasi dari warga negara
d. Didukung dana yang cukup dari anggaran negara
5.
Kewajiban
warga negara untuk ikut serta dalam upaya bela negara diatur dalam UUD 1945
pasal….
a.
27
ayat 1 c.
29
b.
28 d.
30 ayat 1,2,3, dan 4
6.
Wujud
peran serta siswa dalam usaha pembelaan negara yaitu….
a. Memiliki cita-cita menjadi TNI
b. Menciptakan keamanan dan ketertiban di sekolah
c. Melaporkan kepada Polisi setiap ada orang yang berasalah
d. Melaporkan kepada orang tua jika ada teman yang nakal
7.
Sikap dan perilaku warga negara yang
dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Republik Indonesia yang
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan
negara, adalah definisi dari….
a. Upaya bela negara c. Cinta tanah air
b. Pertahanan negara d. Sihankamrata
8.
Undang-undang
yang mengatur usaha pembelaan negara adalah….
a. UU No. 3 tahun 2002 c.
UU No. 32 tahun 2002
b. UU No. 3 tahun 2004 d.
UU No. 32 tahun 2004
9.
Setiap
berangkat ke sekolah Ade memakai sepatu buatan Cibaduyut dan menggunakan bahasa
Indonesia dengan baik dan benar.
Perbuatan Ade tersebut
mencerminkan rasa bangga terhadap….
a. Bahasanya c.
Buatan daerahnya
b. Produksi sepatunya d.
Bangsa dan negaranya
10.
Kesetiaan
terhadap bangsa dan negara memiliki makna….
a.
Siap
sedia memberikan bantuan kepada negara manapun bila diperlukan
b.
Patuh
dan taat, serta teguh hati mempertahankan bangsa dan negara
c.
Siap
sedia mengisi fasilitas yang menjanjikan
d.
Tetap
teguh menjadikan Indonesia sebagai tanah air karena ingin disebut Pahlawan
11.
Bangsa
Indonesia yang dijadikan pedoman perilaku setia kepada bangsa dan negara dalam
kehidupan sehari-hari adalah….
a. Pancasila c.
Penguasa negara
b. Agama d.
Adat dan budaya Indonesia
12.
Negara
Kesatuan Republik Indonesia menentukan urusannya sendiri, baik ke dalam maupun
ke luar, sehingga hal ini disebut sebagai negara….
a. Kesatuan c.
Demokrasi
b. Berdaulat d.
Berkuasa penuh
13.
Keikutsertaan
warga negara dalam upaya bela negara melalui kegiatan di bawah ini, kecuali….
a.
Pendidikan
Kewarganegaraan
b.
Pelatihan
dasar kemiliteran secara wajib
c.
Pengabdian
sebagai prajurit secara sukarela atau secara wajib
d.
Pengabdian
sesuai dengan amal ibadahnya
14.
Negara
harus dapat melindungi rakyat, wilayah serta pemerintahan dari ancaman,
tantangan, hambatan, dan gangguan, baik yang berasal dari dalam maupun luar. Hal ini merupakan penjabaran dari….
a.
Fungsi
keadilan
b.
Fungsi
kesejahteraan dan kemakmuran
c.
Fungsi
pertahanan dan keamanan
d.
Fungsi
pengaturan dan ketertiban
15.
Negara
adalah suatu organisasi kekuasaan atau organisasi yang harus memenuhi persyaratan
unsur-unsur tertentu yaitu harus mempunyai pemerintahan yang berdaulat, wilayah
tertentu, dan rakyat yang hidup secara teratur sehingga merupakan suatu nation
(bangsa). Definisi Negara tersebut disampaikan oleh….
a. Prof. R. Djokosoetomo, S.H. c.
G. Pringgodigdo, S.H.
b. Prof. Dr. J.H.A. Logeman d.
Opensiemer
16.
Negara
terbentuk karena adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang
bermacam-macam. Hal ini merupakan pengertian dari teori terbentuknya negara….
a. Teori ketuhanan c.
Teori hukum alam
b. Teori kekuasaan d.
Teori kenyataan
17.
Belgia
melepaskan diri dari Belanda dan merdeka pada tahun 1839, adalah contoh
terbentuknya negara berdasarkan….
a. Pendudukan c.
Pemecahan
b. Pelepasan d.
Peleburan
18.
Negara
dipandang sebagai alat belaka yang dibentuk manusia untuk mencapai tujuan
bersama, kemakmuran, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat negara itu. Hal
ini merupakan isi dari….
a. Teori negara kesejahteraan c.
Teori negara kekuasaan
b. Teori negara hukum d.
Teori negara modern
19.
Tujuan
dibentuknya negara Indonesia terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alenia….
a. I c.
III
b. II d.
IV
20.
Agar
peraturan perundang-undangan ditaati, maka negara memiliki sifat….
a. Monopoli c.
Menyeluruh
b. Memaksa d.
Terpadu
21.
Peraturan yang
mengatur tentang otonomi daerah yang berlaku sekarang adalah ....
a.
UU No. 20 / 1980
b.
UU No. 22 / 1999
c.
UU No. 30/ 2003
d.
UU No. 32 / 2004
22.
Salah satu
prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah....
a.
Pemerataan c. Kesamaan
b.
Keselarasan d. Partisipasi
23.
Kewenangan
daerah, mencakup kewenangan dalam seluruh bidang pemerintahan, kecuali....
a. Peradilan b. Pembangunan
c. Ekonomi d. Kesehatan
24.
Menurut UUD 1945
Pasal 18 ayat (1), Pemerintah Daerah berhak menetapkan Peraturan Daerah dan
peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan....
a.
Otonomi dan Tugas
Pembantuan
b. Otonomi daerah
c. Tugas Pembantuan
d. Tugas Otonomi
25.
Apabila kebijakan
publik tidak menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat, maka
pelaksanaannya.....
a.
Masyarakat
langsung melakukan demonstrasi
b.
Tidak menanggapi,
karena tidak bersangkutan
c.
Tetap mematuhi
semua kebijakan publik
d.
Kurang mendapat
tanggapan dari masyarakat
26.
Segala kebijakan,
baik yang berkait dengan hukum, peraturan perundangan lainnya yang ditujukan
untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibuat oleh lembaga yang berwenang
disebut.....
a.
Kebijakan atasan
b.
Kepentingan
kelompok
c.
Kebijakan publik
d.
Peraturan daerah
27.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini
1.
ditujukan untuk
kepentingan umum
2.
dibuat oleh yang
berwenang
3.
kebijakan yang
berkaitan dengan hukum dan peraturan perundangan
4.
ditujukan untuk
kelompok tertentu
Dari pernyataan diatas, yang bukan ciri-ciri
kebijakan publik adalah......
a.
Nomor 1
b.
Nomor 2
c.
Nomor 3
d.
Nomor 4
28.
UU. adalah
kebijakan publik yang dikeluarkan lembaga .......
a.
Presiden
b.
DPR
c.
Presiden dan DPR
d.
MPR
29.
Perhatikan
pernyataan di bawah ini................
1.
evaluasi
kebijakan publik
2.
perumusan
kebijakan publik
3.
isu / masalah
publik
4.
penerapan
kebijakan publik
Langkah-langkah
perumusan kebijakan publik yang paling benar adalah........
a.
3, 4, 2, 1
b.
3, 2, 4, 1
c.
3, 4, 1, 2
d.
2, 1, 4, 3
30.
Faktor eksternal
(faktor dari luar) yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan
publik di daerah adalah....
a.
Masyarakat tidak
tahu prosedur berpartisipasi
b.
Masyarakat tidak
mau tahu
c.
Masyarakat telah
terbiasa pada pola lama, yaitu pembuatan peraturan tanpa keterlibatan
masyarakat
d.
Adanya anggapan
bahwa keterlibatan masyarakat justru akan memperlambat proses pembuatan
kebijakan publik.
31.
Di bawah ini adalah pernyataan yang menunjukkan
konsekuensi dari akibat ketidakaktifan masyarakat dalam perumusan dan
pelaksanaan kebijakan publik, kecuali.....
a.
Kebijakan publik
yang dibuat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
b.
Kebijakan publik
hanya menguntungkan kelompok atau golongan tertentu
c.
Kebijakan publik
dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
d.
Kebijakan publik
yang dikeluarkan dapat mengayomi masyarakat
32.
Bentuk kebijakan
publik di daerah adalah...
a.
UU
b.
Peraturan
Pemerintah
c.
Peraturan daerah
d.
Peraturan Desa
33.
Penyelesaian
masalah, apakah akan dimasukkan dalam perumusan peraturan desa / daerah atau
tidak berada pada tahap....
a.
Penyusunan agenda
b.
Perumusan
kebijakan
c.
Penetapan
kebijakan
d.
Pelaksanaan
kebijakan
34.
Yang bukan
merupakan dampak negatif yang dapat merugikan masyarakat akibat dari kebijakan
publik adalah....
1.
Perumusan
kebijakan publik di daerah tidak
memenuhi hak-hak rakyat secara menyeluruh
2.
Kebijakan publik
itu bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat
3.
Kebijakan publik
itu dapat tidak sejalan atau bahkan
bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat
4.
Kebijakan publik akan
mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat
35.
Pemeran tidak
resmi dalam perumusan kebijakan publik adalah....
a.
Warga negara atau
individu
b.
DPD
c.
DPRD
36.
pembelaan negara bagi para siswa terutama
melalui ...
a. Pendidikan
Kewarganegaraan.
b. Pelatihan dasar
kemiliteran secara wajib.
c. Pengabdian sebagai
TNI secara sukarela atau wajib.
d. Pengabdian sesuai
dengan profesi.
37. Para Nelayan dan Petani dengan menyediakan pangan
nasional, para medis menjaga kesehatan
masyarakat, Tim
SAR dan PMI melakukan kegiatan dalam menanggulangi bencana alam dan
kemanusiaan, yang mereka lakukan merupakan upaya pembelaan negara melalui ...
a. Pendidikan
Kewarganegaraan.
b. Pelatihan dasar
kemiliteran secara wajib.
c. Pengabdian sebagai
TNI secara sukarela atau wajib.
d. Pengabdian sesuai
dengan profesi.
38. Berikut ini merupakan perbuatan yang nyata dapat
dilakukan para siswa dalam upaya pembelaan
negara di
lingkungan masing– masing, kecuali ...
a. menjaga lingkungan rumah , sekolah dan
masyarakat agar tetap bersih dan sehat.
b.
tidak menjadi pengguna narkotik dan obat
terlarang serta melapor ke pihak guru atau aparat keamanan apabila melihat adanya penjualan atau pemakainya.
c.
membela teman satu sekolah yang diserang
oleh sekolah lain dengan cara ikut perkelaian sebagai wujud kesetiakawanan.
d.
tidak menonton tayangan TV yang berupa sadisme, sronok, dan situs internet
porno dan bacaan lain yang tidak bermoral.
39. Cinta bangsa (nasionalisme) yang merupakan
perwujudan upaya pembelaan negara antara lain contohnya ...
a.
mengutamakan penggunaan barang – barang
produk dalam negeri karena dapat menggerakan
roda perekonomian .
b.
lebih baik membeli barang luar negeri
daripada membuat sen-diri karena ongkosnya lebih mahal.
c.
menganggap derajat bangsanya yang paling
unggul sedangkan derajat bangsa lain rendah.
d.
lebih baik mengasingkan diri dari bangsa
lain daripada meniru – meniru bangsa lain.
40.
Organisasi keselamatan masyarakat yang
berfungsi untuk menanggulangi bencana perang, bencana alam dan memperkecil
akibat malapetaka yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta adalah...
a. Linmas
b. Wanra
c. Kamra
d. Hansip
B. SOAL
ESSAY
1.
Sebutkan
empat (4) alasan negara mewajibkan warga negaranya melakukan bela negara!
2.
Sebutkan
tiga (3) komponen Pertahanan Negara!
3.
Berikan
empat (4) contoh kegiatan yang termasuk RATIH (rakyat terlatih)!
4.
Jelaskan
pengertian ancaman militer dan nonmiliter, disertai contohnya!
5.
Berikan
empat (4) contoh usaha pembelaan negara yang telah mengharumkan nama bangsa
Indonesia di mata dunia internasional!
Best casino slots for US players 2021 - DRM CD
BalasHapusBest slots for 용인 출장마사지 US players 2021 - 하남 출장마사지 DRM CD and 전주 출장마사지 casino slot games like 시흥 출장안마 progressive jackpot slots 수원 출장마사지 (MegaMoolah) are a great way to test out the new